SILABUS
MATA PELAJARAN
SEJARAH
KELOMPOK PEMINATAN ILMU-ILMU SOSIAL
Satuan Pendidikan : SMA
Kelas : X
Kompetensi Inti :
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
3. Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Menghayati proses kelahiran
manusia Indonesia dengan rasa bersyukur
1.2 Menghayati keteladanan para
pemimpin dalam mengamalkan ajaran agamanya.
|
|
|
|
|
|
2.1 Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli terhadap berbagai
hasil budaya zaman praaksara,
Hindu-Buddha dan Islam.
2.2 Meneladani sikap dan tindakan
cinta damai, responsif dan pro aktif yang ditunjukkan oleh tokoh sejarah
dalam mengatasi masalah sosial dan lingkungannya
2.3 Berlaku jujur dan
bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah
|
|
|
|
|
|
3.1 Menganalisis
keterkaitan konsep
manusia hidup dalam ruang dan waktu
3.2 Menganalisis
konsep manusia
hidup dalam perubahan dan keberlanjutan
3.3 Menganalis keterkaitan peristiwa sejarah
tentang manusia di masa lalu untuk kehidupan masa kini
4.1 Menyajikan hasil kajian tentang
konsep manusia hidup dalam ruang dan waktu, dalam berbagai bentuk komunikasi.
4.2 Menyajikan hasil telaah tentang
konsep bahwa manusia hidup dalam perubahan dan keberlanjutan, dalam berbagai bentuk komunikasi.
4.3 Membuat tulisan tentang hasil
kajian mengenai keterkaitan kehidupan
masa lalu untuk kehidupan masa kini.
|
Manusia dan Sejarah
·
Manusia
hidup dan berkreativitas dalam ruang dan waktu
·
Manusia
hidup dalam perubahan dan keberlanjutan
·
Kehidupan
manusia masa kini merupakan akibat dari perubahan di masa lalu
|
Mengamati:
·
Membaca
buku teks tentang aktivitas manusia yang terbatas dalam ruang dan waktu,
selalu dalam perubahan, dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia di masa
kini
Menanya:
·
Menanya dan
berdiskusi untuk mendapatkan klarifikasi dan pendalaman pemahaman tentang
aktivitas manusia yang terbatas dalam ruang dan waktu, selalu dalam
perubahan, dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia di masa kini.
Mengeksplorasikan:
· Mengumpulkan data
lanjutan terkait dengan pertanyaan mengenai aktivitas manusia yang
terbatas dalam ruang dan waktu, selalu dalam perubahan, dan pengaruhnya
terhadap kehidupan manusia di masa kini, dari sumber tertulis, dan sumber-sumber lainnya yang
mendukung.
Mengasosiasikan:
·
Menganalisis
informasi yang didapat dari berbagai sumber mengenai keterkaitan antara aktivitas manusia yang terbatas dalam ruang
dan waktu, selalu dalam perubahan, dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia
di masa kini
Mengomunikasikan:
·
Membuat hasil kajian dalam
bentuk tulisan mengenai keterkaitan antara aktivitas manusia yang terbatas
dalam ruang dan waktu, dalam perubahan, dan pengaruhnya terhadap kehidupan
manusia di masa kini
|
Tugas:
Membuat hasil kajian dalam bentuk tulisan tentang aktivitas manusia yang terbatas dalam ruang dan
waktu, selalu dalam perubahan, dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia di
masa kini
Observasi:
Mengamati
kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio:
Menilai
tulisan hasil kajian mengenai aktivitas manusia yang terbatas
dalam ruang dan waktu, selalu dalam perubahan, dan pengaruhnya terhadap
kehidupan manusia di masa kini
Tes:
Menilai
kemampuan peserta didik dalam
menganalisis materi tentang aktivitas manusia yang terbatas dalam ruang dan
waktu, selalu dalam perubahan, dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia di
masa kini
|
2 mg x 3 jp
|
·
Buku
Paket Sejarah Indonesia kelas X.
·
Buku-buku lainya.
·
Internet (jika tersedia)
|
3.4 Menganalisis ilmu sejarah
4.4 Menyajikan hasil telaah tentang
peristiwa sebagai karya sejarah, mitos, dan fiksi dalam bentuk tulisan.
|
Sejarah
Sebagai Ilmu
|
Mengamati:
·
Membaca
buku teks tentang sejarah sebagai ilmu.
Menanya:
·
Menanya dan
berdiskusi untuk mendapatkan klarifikasi dan pendalaman pemahaman tentang
sejarah sebagai ilmu.
Mengeksplorasikan:
·
Mengumpulkan
informasi dan data
lanjutan terkait dengan pertanyaan mengenai sejarah
sebagai ilmu, dari
sumber tertulis dan atau internet serta
sumber lainya.
Mengasosiasikan:
·
Menganalisis
informasi dan data
yang didapat mengenai sejarah sebagai ilmu.
Mengomunikasikan:
·
Membuat hasil
telaah dalam
bentuk tulisan mengenai sejarah sebagai ilmu.
|
Tugas:
Membuat hasil telaah dalam bentuk tulisan tentang sejarah
sebagai ilmu.
Observasi:
Mengamati
kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio:
Menilai
tulisan hasil telaah dalam bentuk tulisan tentang
sejarah sebagai ilmu.
Tes:
Menilai
kemampuan peserta
didik dalam menganalisis
materi tentang ilmu sejarah.
|
2 mg x 3 jp
|
·
Buku
Paket Sejarah Indonesia kelas X.
·
Buku-buku lainya
·
Media
lain yang tersedia
|
3.5 Menganalisis cara berfikir sejarah dalam mempelajari peristiwa-peristiwa sejarah.
4.5 Menerapkan cara berfikir
sejarah dalam mengkaji peristiwa-peristiwa yang dipelajarinya, dalam berbagai
bentuk presentasi.
|
Berpikir
Sejarah
·
Diakronik
·
Sinkronik
·
Kausalita
·
Interpretasi
· Periodesasi
|
Mengamati:
·
Membaca
buku teks dan sumber lain mengenai berpikir sejarah
secara diakronik,
sinkronik, kausalita, interpretasi, dan periodesasi sejarah serta contoh-contoh
penerapannya dalam tulisan, buku
teks atau sumber lainnya.
Menanya:
·
Menanya dan berdiskusi untuk memperdalam pemahaman mengenai pengertian berpikir sejarah diakronik,
sinkronik, kausalita, interpretasi dan periodesasi sejarah serta
contoh-contoh penerapannya dalam tulisan, buku teks atau sumber lainnya.
Mengeksplorasikan:
·
Mengumpulkan data lanjutan mengenai pengertian berpikir sejarah diakronik,
sinkronik, kausalita, interpretasi dan periodesasi sejarah serta contoh-contoh penerapannya
dalam tulisan, buku teks atau sumber lainnya dari sumber tertulis dan atau
internet. serta sumber lainya.
Mengasosiasikan:
·
Melatih
cara berpikir diakronik, sinkronik, kausalita, interpretasi dan menetapkan
periodesasi sejarah melalui kajian terhadap beberapa peristiwa sejarah dari sumber seperti buku,
jurnal atau sumber lainnya.
Mengomunikasikan:
·
Membuat hasil
kajian dalam
berbagai bentuk presentasi, mengenai penerapan
kemampuan cara berpikir diakronik, sinkronik, kausalita, interpretasi dan
membuat periodesasi sejarah, menyajikanya dalam berbagai bentuk presentasi.
|
Tugas:
Membuat hasil kajian dalam berbagai bentuk
presentasi tentang berpikir
diakronik, sinkronik, kausalita, interpretasi, dan periodesasi sejarah
Observasi:
Mengamati
kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio:
Menilai
hasil kajian dalam berbagai bentuk presentasi tentang
berpikir
diakronik, sinkronik, kausalita, interpretasi, dan pembuatan
periodesasi
sejarah
Tes:
Menilai
kemampuan peserta
didik dalam menganalisis
materi tentang berpikir
diakronik, sinkronik, kausalita, interpretasi, dan periodesasi sejarah serta contoh-contoh
penerapannya dalam tulisan, buku teks atau sumber lainnya.
.
|
2 mg x 3 jp
|
·
Buku
Paket Sejarah Indonesia kelas X.
·
Buku-buku lainya
·
Media
lain yang tersedia
|
3.6 Menganalisis berbagai bentuk/jenis sumber Sejarah
4.6 Menyajikan hasil analisis jenis
sumber, peran sumber dan keterkaitannya dengan kejadian sejarah, dalam
berbagai bentuk presentasi.
|
Sumber
Sejarah
· Pengertian, sifat, jenis, dan kedudukan sumber
dalam ilmu sejarah
|
Mengamati:
·
Membaca
buku teks dan sumber lain mengenai pengertian, sifat, jenis, dan kedudukan sumber
dalam ilmu sejarah
Menanya:
·
Menanya dan
berdiskusi untuk mendapatkan pemahaman
lebih mendalam berkaitan tentang
pengertian, sifat, jenis, dan kedudukan sumber
dalam ilmu sejarah
Mengeksplorasikan:
·
Mengumpulkan data lanjutan berdasarkan bacaan atau
referensi yeng tersedia terkait tentang pengertian, sifat, jenis, dan kedudukan sumber
dalam ilmu sejarah,
melalui bacaan dan sumber lain yang mendukung.
Mengasosiasikan:
·
Menganalisis untuk menentukan keterkaitan antara pengertian, sifat, jenis, dan kedudukan sumber
dalam ilmu sejarah
Mengomunikasikan:
·
Hasil
analisis dalam bentuk tulisan mengenai pengertian, sifat, jenis, dan kedudukan sumber
dalam ilmu sejarah
|
Tugas:
Membuat
analisis dalam bentuk tulisan
tentang pengertian, sifat, jenis, dan kedudukan sumber
dalam ilmu sejarah
Observasi:
Mengamati
kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio:
Menilai
tulisan hasil analisis tentang pengertian, sifat,
Jenis, dan kedudukan sumber
dalam ilmu sejarah
Tes:
Menilai
kemampuan peserta didik dalam
menganalisis materi tentang pengertian, sifat, jenis, dan kedudukan sumber
dalam ilmu sejarah
|
2 mg x 3 jp
|
·
Buku
Paket Sejarah Indonesia kelas X.
·
Buku-buku lainya
·
Media/
sumber lain yang tersedia
|
3.7 Menganalisis langkah-langkah penelitian Sejarah terhadap berbagai
peristiwa Sejarah
4.7 Melakukan penelitian sejarah secara sederhana dan
menyajikanya dalam bentuk laporan penelitian.
|
Penelitian
dan
Penulisan Sejarah
·
langkah
penelitian sejarah (bertanya, menentukan dan mencari sumber, kritik sumber,
validasi informasi, interpretasi, rekonstruksi dan penulisan)
|
Mengamati:
·
Membaca
buku teks tentang langkah-langkah penelitian Sejarah.
Menanya:
·
Menanya dan
berdiskusi untuk mendapatkan pemahaman lebih mendalam tentang langkah-langkah penelitian Sejarah.
Mengeksplorasikan:
·
Mengumpulkan data
lanjutan terkait tentang langkah-langkah penelitian
sejarah melalui bacaan dan referensi lain yang tersedia.
Mengasosiasikan:
·
Menganalisis
beberapa
tulisan dan referensi menganai
langkah-langkah penelitian sejarah
Mengomunikasikan:
·
Menyajikan laporan hasil penelitian sejarah secara
sederhana dalam bentuk tulisan mengenai
salah satu peristiwa sejarah baik nasional maupun lokal (dalam
bentuk tugas semester)
.
|
Tugas:
Membuat tulisan secara sederhana salah satu
peristiwa sejarah baik sejarah nasional maupun lokal.
Observasi:
Mengamati
kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio:
Menilai
tulisan peserta didik hasil penelitian sederhana
sejarah tentang salah satu peristiwa sejarah baik nasional maupun lokal.
Tes:
Menilai
kemampuan peserta didik dalam
menganalisis materi tentang
langkah
penelitian sejarah
|
3 mg x 3 jp
|
·
Buku
Paket Sejarah Indonesia kelas X
·
Buku-buku lainya
·
Sumber
lain yang tersedia
|
3.8 Menganalisis perbedaan ciri-ciri dari historiografi tradisional,
kolonial dan modern
4.8 Menyajikan hasil
mengklasifikasi ciri-ciri historiografi tradisional, kolonial dan modern dari
sumber yag ditentukan guru, dalam berbagai bentuk presentasi.
|
Historiografi
·
Historiografi
tradisional
·
Historiografi
kolonial
·
Historiografi
modern
|
Mengamati:
·
Membaca
buku teks tentang pengertian historiografi dan persamaan serta perbedaan
antara historiografi tradisional, kolonial, dan modern
Menanya:
·
Menanya dan
berdiskusi untuk mendapatkan
klarifikasi dan pendalaman pemahaman tentang pengertian historiografi dan ciri pembeda antara historiografi
tradisional, kolonial, dan modern
Mengeksplorasikan:
·
Mengumpulkan data
lanjutan terkait dengan pertanyaan mengenai pengertian historiografi, ciri
pembeda antara historiografi tradisional, kolonial, dan modern,
melalui
bacaan dan sumber sumber lain yang mendukung.
Mengasosiasikan:
·
Menganalisis
informasi yang didapat melalui bacaan dan
sumber-sumber lainya dengan melakukan
pengelompokan jenis
historiografi berdasarkan ciri pembeda antara
historiografi tradisional, kolonial, dan modern
Mengomunikasikan:
·
Menyajikan hasil
analisis dalam bentuk tulisan berupa klasifikasi jenis historiografi berdasarkan ciri pembeda antara
historiografi tradisional, kolonial, dan modern
|
Tugas:
Membuat klasifikasi jenis historiografi berdasarkan ciri
pembeda antara historiografi tradisional, kolonial, dan modern
Observasi:
Mengamati
kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio:
Menilai laporan tertulis
hasil klasifikasi jenis historiografi berdasarkan ciri pembeda antara
historiografi tradisional, kolonial, dan modern
Tes:
Menilai
kemampuan peserta didik dalam
menganalisis perbedaan ciri-ciri dari historiografi tradisional, kolonial dan
modern
|
2 mg x 3 jp
|
·
Buku
Paket Sejarah Indonesia kelas X
·
Buku-buku lainya
·
Sumber
lain yang tersedia
|
3.9 Menganalisis keterkaitan antara manusia purba Indonesia dan Dunia
dengan manusia modern dalam fisik dan budaya
4.9 Menyajikan hasil analisis
mengenai keterkaitan antara Manusia Purba Indonesia dan Dunia dengan manusia
modern secara fisik dan budaya, dalam berbagai bentuk presentasi.
|
Manusia
Purba Indonesia dan Dunia
·
Manusia
purba Indonesia
·
Manusia
purba Asia
·
Manusia
purba Afrika
·
Manusia
purba Eropa
|
Mengamati:
·
Membaca
buku teks tentang keterkaitan antara manusia
purba
Indonesia dan Dunia dengan manusia modern dalam fisik dan budaya
Menanya:
·
Menanya dan
berdiskusi untuk mendapatkan
klarifikasi dan pendalaman pemahaman tentang keterkaitan
manusia purba
Indonesia dan Dunia dengan manusia modern dalam fisik dan budaya
Mengeksplorasikan:
· Mengumpulkan data
lanjutan terkait dengan pertanyaan mengenai keterkaitan
manusia purba
Indonesia dan Dunia dengan manusia modern dalam fisik dan budaya,
melalui bacaan, gambar-gambar dan
fosil-fosil yang ada di museum terdekat.
Mengasosiasikan:
·
Menganalisis informasi-informasi yang didapat untuk melakukan
pengelompokan jenis-jenis manusia purba Indonesia dan Dunia ke
dalam kelompok antropologi fisik dan
kelompok budaya dan dalam garis waktu
Mengomunikasikan:
· Menyajikan hasil
analisis dalam bentuk tulisan tentang manusia purba Indonesia dan Dunia dalam
garis waktu dan dalam hubungannya dengan manusia modern Asia, Afrika, dan
Eropa
|
Tugas:
Membuat pengelompokan jenis-jenis manusia purba Indonesia dan Dunia ke
dalam kelompok antropologi fisik dan
kelompok budaya
dalam garis waktu
Observasi:
Mengamati
kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan,
Portofolio:
Menilai laporan
tertulis hasil pengelompokan jenis-jenis manusia purba Indonesia dan Dunia ke dalam kelompok antropologi fisik dan kelompok
budaya
dalam garis waktu
Tes:
Menilai
kemampuan peserta didik dalam
menganalisis keterkaitan antara manusia purba Indonesia dan Dunia dengan
manusia modern dalam fisik dan budaya
|
4 mg x 3 jp
|
·
Buku
Paket Sejarah Indonesia kelas X.
·
Buku-buku lainya
·
Media
lain yang tersedia
|
3.10
Menganalisis
keterkaitan kehidupan awal manusia
Indonesia di bidang kepercayaan, sosial, budaya, ekonomi, dan teknologi serta
pengaruhnya dalam kehidupan masa kini
4.10
Menarik
berbagai kesimpulan dari hasil evaluasi terhadap perkembangan teknologi pada
zaman kehidupan praaksara terhadap kehidupan masyarakat masa kini, dalam
bentuk tulisan
|
Kehidupan Manusia Praaksara
Indonesia
·
Kehidupan awal manusia Indonesia di bidang
kepercayaan, sosial, budaya, ekonomi, dan teknologi serta pengaruhnya dalam
kehidupan masa kini
·
Hubungan
kebudayaan Hoa-bin, Bacson, Dongson dan Sahuynh pada masyarakat awal di
Indonesia.
|
Mengamati:
·
Membaca
buku teks dan menyaksikan video
atau media visual lain mengenai keunggulan kehidupan manusia Indonesia di
zaman praaksara dalam bidang kepercayaan, sosial, budaya, ekonomi, teknologi dan pengaruh dari
kebudayaan lain di Asia, serta unsur-unsur yang diwariskannya dalam kehidupan
manusia masa kini
Menanya:
·
Menanya dan
berdiskusi untuk mendapatkan klarifikasi
dan pendalaman mengenai keunggulan kehidupan manusia Indonesia di
zaman praaksara dalam bidang kepercayaan, sosial, budaya, ekonomi, teknologi dan pengaruh dari
kebudayaan lain di Asia, serta unsur-unsur yang diwariskannya dalam kehidupan
manusia masa kini
Mengeksplorasikan:
·
Mengumpulkan
data lanjutan terkait dengan pertanyaan
mengenai keunggulan kehidupan manusia Indonesia di zaman praaksara
dalam bidang kepercayaan, sosial, budaya, ekonomi, teknologi dan pengaruh dari
kebudayaan lain di Asia, serta unsur-unsur yang diwariskannya dalam kehidupan
manusia masa kini, melalui
bacaan dan sumber-sumber terkait.
Mengasosiasikan:
·
Menganalisis
informasi dan data-data yang didapat baik dari bacaan maupun dari
sumber-sumber terkait mengenai keunggulan kehidupan manusia Indonesia di
zaman praaksara dalam bidang kepercayaan, sosial, budaya, ekonomi, teknologi dan pengaruh dari
kebudayaan lain di Asia, serta unsur-unsur yang diwariskannya dalam kehidupan
manusia masa kini.
Mengomunikasikan:
·
Menyajikan hasil
analisis dalam bentuk tulisan berupa
beberapa kesimpulan mengenai
keunggulan kehidupan manusia Indonesia di zaman praaksara dalam bidang
sosial, ekonomi, ilmu, teknologi dan pengaruh dari kebudayaan lain di Asia,
serta unsur-unsur yang diwariskannya dalam kehidupan manusia masa kini
|
Tugas:
Membuat beberapa kesimpulan
mengenai
keunggulan dan pencapaian kehidupan
manusia Indonesia di zaman praaksara dalam bidang sosial, ekonomi, ilmu,
teknologi dan pengaruh dari kebudayaan lain di Asia, serta unsur-unsur yang
diwariskannya dalam kehidupan manusia masa kini
Observasi:
Mengamati
kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio:
Menilai laporan tertulis berupa
beberapa kesimpulan
mengenai
keunggulan dan pencapaian kehidupan
manusia Indonesia di zaman praaksara dalam bidang sosial, ekonomi, ilmu,
teknologi dan pengaruh dari kebudayaan lain di Asia, serta unsur-unsur yang
diwariskannya dalam kehidupan manusia masa kini
Tes:
Menilai
kemampuan peserta didik dalam
menganalisis keterkaitan
kehidupan awal manusia Indonesia di
bidang kepercayaan, sosial, budaya, ekonomi, dan teknologi serta pengaruhnya
dalam kehidupan masa kini
|
5 mg x 3 jp
|
·
Buku
Paket Sejarah Indonesia kelas X.
·
Buku-buku lainya
·
Media
lain yang tersedia
|
3.11
Menganalisis perbandingan peradaban awal dunia dan
Indonesia serta keterkaitannya dengan manusia masa kini dalam cara
berhubungan dengan lingkungan, hukum, kepercayaan, pemerintahan dan sosial
4.11
Menyajikan
hasil analisis peradaban awal dunia dan Indonesia serta keterkitannya dengan
manusia masa kini dalam cara berhubungan dengan lingkungan, hukum,
kepercayaan, pemerintahan, dan sosial, dalam berbagai bentuk presentasi.
|
Peradaban Awal Indonesia dan
Dunia
·
Kehidupan
Awal Indonesia dalam pencapaian ilmu,
teknologi, kepercayaan,
pemerintahan primus inter ares,
pertanian dan ukuran
·
Peradaban
awal Asia (Cina,
Indus, Mesopotamia) dalam
pencapaian ilmu, teknologi,
kepercayaan, pemerintahan, pertanian, dan budaya
·
Peradaban
awal Afrika (Mesir) dalam pencapaian
ilmu, teknologi, kepercayaan, pemerintahan, pertanian, dan budaya
·
Peradaban
awal Eropa (Yunani, Romawi, Kreta) dalam pencapaian ilmu, teknologi, kepercayaan,
pemerintahan, dan budaya
·
Peradaban
awal Amerika (Inka) dalam pencapaian
ilmu, teknologi, kepercayaan, pemerintahan, pertanian, dan budaya
|
Mengamati:
·
Melalui
membaca buku teks mengenai peradaban awal Indonesia dan dunia (Asia, Afrika, Eropa,
dan Amerika) dalam pencapaian ilmu, teknologi, kepercayaan,
pemerintahan, pertanian, dan budaya
Menanya:
·
Menanya dan
berdiskusi untuk klarifikasi dan pengetahuan yang lebih mendalam serta aspek
lain dari apa yang terdapat di buku teks
mengenai peradaban awal Indonesia dan dunia (Asia, Afrika, Eropa,
dan Amerika) dalam pencapaian ilmu, teknologi, kepercayaan,
pemerintahan, pertanian, dan budaya
Mengeksplorasikan:
·
Mengumpulkan data lanjutan terkait dengan
pertanyaan mengenai peradaban awal Indonesia dan
dunia (Asia, Afrika, Eropa, dan Amerika)
dalam pencapaian ilmu,
teknologi, kepercayaan, pemerintahan, pertanian, dan budaya, melalui bacaan dan
sumber-sumber lain yang terkait.
Mengasosiasikan:
· Menganalisis
informasi dan data-data yang didapat baik dari bacaan maupun dari sumber-sumber lain yang terkait. mengenai
peradaban awal Indonesia dan dunia (Asia, Afrika, Eropa,
dan Amerika) dalam pencapaian ilmu, teknologi, kepercayaan,
pemerintahan, pertanian, dan budaya
Mengomunikasikan:
· Menyajikan hasil
analisis dalam berbagai bentuk presentasi mengenai peradaban awal Indonesia dan
dunia (Asia, Afrika, Eropa, dan Amerika) dalam pencapaian ilmu, teknologi,
kepercayaan, pemerintahan, pertanian, dan budaya.
|
Tugas:
Membuat
laporan presentasi materi mengenai peradaban awal Indonesia dan
dunia (Asia, Afrika, Eropa, dan Amerika)
dalam pencapaian ilmu,
teknologi, kepercayaan, pemerintahan, pertanian, dan budaya
Observasi:
Mengamati
kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio:
Menilai laporan tertulis berupa presentasi
materi mengenai
peradaban awal Indonesia dan dunia (Asia, Afrika, Eropa,
dan Amerika) dalam pencapaian ilmu, teknologi, kepercayaan,
pemerintahan, pertanian, dan budaya
Tes:
Menilai
kemampuan peserta didik
dalam menganalisis perbandingan
peradaban awal dunia dan Indonesia serta keterkaitannya dengan manusia masa
kini dalam cara berhubungan dengan lingkungan, hukum, kepercayaan,
pemerintahan dan sosial
|
9 mg x 3 jp
|
·
Buku
Paket Sejarah Indonesia kelas X.
·
Buku-buku lainya.
·
Media
lain yang tersedia
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar