Halaman

2/05/2016

RPP sejarah Peminatan Kelas X semster 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
IDENTITAS MATA PELAJARAN
Satuan Pendidikan :           SMAN 17 MAKASSAR
Kelas/Semester                  : X/2
Mata Pelajaran                   : Sejarah Peminatan
Materi Pokok                     : Manusia Purba Indonesia dan Dunia

A.     KOMPETENSI INTI
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan  proaktif, dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     KOMPETENSI DASAR
1.1        Menghayati proses kelahiran manusia Indonesia dengan rasa bersyukur.
1.2        Menghayati keteladanan para pemimpin dalam mengamalkan ajaran agamanya.
2.1.      Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli terhadap berbagai hasil budaya pada zaman pra aksara, Hindu-Buddha dan Islam.
2.2.      Meneladani sikap dan tindakan cinta damai, responsif dan pro aktif yang ditunjukkan oleh tokoh sejarah dalam mengatasi masalah sosial dan lingkungannya.
2.3.      Berlaku jujur dan bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah.
3.9.       Menganalisis keterkaitan antara manusia purba Indonesia dan dunia dengan manusia modern dalam fisik dan budaya.
4.9.       Menyajikan hasil analisis mengenai keterkaitan antara manusia purba Indonesia dan dunia dengan manusia modern secara fisik dan budaya, dalam berbagai bentuk presentasi
C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Indikator pencapaian kompetensi pada pokok bahasan ini antara lain:
1.1.1   Memahami proses kelahiran manusia Indonesia dengan rasa bersyukur.
1.2.1   Mencontoh keteladanan para pemimpin dalam mengamalkan ajaran agamanya.
2.1.1   Mengidentifikasi dan memiliki sikap tanggung jawab, peduli terhadap berbagai hasil budaya pada zaman pra aksara, Hindu-Buddha dan Islam.
2.2.1   Mencotoh sikap dan tindakan cinta damai, responsif dan pro aktif yang ditunjukkan oleh tokoh sejarah dalam mengatasi masalah sosial dan lingkungannya.
2.3.1   Memiliki sikap jujur dan bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah.
3.9.1   Mengevaluasi dan menemukan keterkaitan antara manusia purba Indonesia dan dunia dengan manusia modern dalam fisik dan budaya.
4.9.1   Menampilkan dan mengemukakan hasil analisis mengenai keterkaitan antara manusia purba Indonesia dan dunia dengan manusia modern secara fisik dan budaya, dalam berbagai bentuk presentasi.

D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari pokok bahasan ini maka diharapkan siswa mampu:
·         Menganalisis dan menyajikannyadalam bentuk presentasi tentang keterkaitan antara manusia purba di Indonesia dan dunia dengan manusia modern dalam fisik dan budayanya.

E.     MATERI AJAR
Inti materi ajar pada pokok bahasan ini adalah sebagai berikut:
·         Perkembangan manusia purba di Indonesia
·         Jenis-jenis manusia purba di dunia
·         Teori Evolusi Darwin dan asal usul manusia modern
·         Kaitan antara manusia purba Indonesia dan dunia dengan manusia modern
·         Penyebaran manusia modern

F.      PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan            : Saintifik
Metode                  : Pengamatan, diskusi, dan penyusunan laporan individual dan kelompok

G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN

Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·      Menyiapkan kelas dalam suasana yang kondusif untuk pembelajaran yang baik
·      Mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing
·      Melakukan absensi
·      Menyampaikan tujuan pembelajaran
·      Menjelaskan kompetensi yang diharapkan setelah pembelajaran selesai
·      Sebagai apersepsi, guru meminta siswa mengamati gambarrekonstruksi salah satu jenis manusia purba yang ada dalam buku siswa kemudian meminta siswa membaca peta konsep yang berkaitan dengan bab ini yang ada dalam buku siswa
·      Menuliskan skema atau cakupan materi pembelajaran meliputi perkembangan manusia purba di Indonesia, jenis-jenis manusia purba di dunia, Teori Evolusi Darwin dan asal usul manusia modern, kaitan antara manusia purba Indonesia dan dunia dengan manusia modern, dan penyebaran manusia modern
15 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
·     Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai perkembangan manusia purba di Indonesia yang disampaikan melalui power point
·     Siswa mengamati fosil atau patung manusia purba di Indonesia serta peta penemuan fosil yang ada dalam buku siswa

Menanya
·     Siswa mengajukan pertanyaan terkait dengan perkembangan manusia purba di Indonesia, misalnya:
-       Bagaimana kondisi alam Indonesia pada saat masih ada manusia purba?
-       Apa saja jenis manusia purba yang ada di Indonesia?

Mengumpulkan Informasi
·     Siswa menganalisis perkembangan manusia purba di Indonesia

Menalar/Mengasosiasi
·      Siswa menghubungkan kondisi alam Indonesia dengan jenis manusia purba di Indonesia

Mengomunikasikan
·      Siswa menyampaikan hasil diskusi atau ringkasan pembelajaran tentang perkembangan manusia purba di Indonesiadengan lisan atau tertulis menggunakan tata bahasa yang benar
150 menit
Penutup
·      Siswa mengingat kembali materi yang telah disampaikan sekaligus menyimpulkan dan mencatat hal-hal yang dianggap penting tentang perkembangan manusia purba di Indonesia
·      Mengingatkan siswa untuk selalu bersyukur atas apa yang telah diberikan Tuhan di alam semesta ini
·      Mengingatkan siswa untuk memiliki rasa ingin tahu tentang perkembangan manusia purba di Indonesia
·      Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
·      Mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing
·      Melakukan penilaian proses dan hasil
15 menit

SUMBER, MEDIA, DAN ALAT
Sumber                        : - Buku Sejarah 1 Peminatan Ilmu-ilmu Sosial Kelas X
(Penulis M. Habib Mustopo, Penerbit Yudhistira)
- Informasi melalui internet
Media dan Alat                        :Komputer/Laptop, Proyektor, Power Point Presentation

PENILAIAN
1.       Teknik dan bentuk penilaian:
a.       Tes lisan
Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan secara lisan
b.      Produk
Siswa membuat dan mempresentasikan hasil kajiannya
c.       Tugas
Mempresentasikan kesimpulan dari tugas pengumpulan informasi tentang  konsep sinkronisasi dan diakronis dalam mempelajari perkembangan manusia purba di Indonesia
d.      Pengamatan sikap
Mengamati sikap siswa selama proses pembelajaran berlangsung

2.      Instrumenpenilaian
o   Latihan Soal
1.      Mengapa Indonesia dipandang menduduki posisi penting dalam hal penemuan manusia purba?
2.      Fosil manusia purba jenis apakah yang pertama kali ditemukan di Indonesia?

o   Tugas Individu
1.      Buatlah tabel jenis-jenis manusia purba yang pernah ada di Indonesia serta keterangan tentang daerah/tempat ditemukan, nama penemu, serta ciri-ciri fisiknya.


Makassar, 1 Januari 2015
Mengetahui,     


Kepala Sekolah                                                                 Guru Mata Pelajaran


Drs.Mustari,M.Si                                                              Muhamad Darwis  S. Pd
NIP. 19571231 198302 1 035                                            NIp






















Pertemuan Ke-         : Dua
Alokasi Waktu            : 2 x 1 JP
Materi                         : Jenis-jenis manusia purba di dunia
Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·      Menyiapkan kelas dalam suasana yang kondusif untuk pembelajaran yang baik
·      Mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing
·      Melakukan absensi
·      Menyampaikan tujuan pembelajaran
·      Menjelaskan kompetensi yang diharapkan setelah pembelajaran selesai
·      Sebagai apersepsi, guru menjelaskan bahwa selain di Indonesia ada berbagai jenis manusia purba yang telah berhasil ditemukan oleh para ahli di dunia
15 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
·     Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai jenis-jenis manusia purba di dunia yang disampaikan melalui power point
·     Siswa mengamati gambar rekonstruksi manusia purba di berbagai belahan dunia yang ada di dalam buku siswa

Menanya
·     Siswa mengajukan pertanyaan terkait dengan jenis-jenis manusia purba di dunia, misalnya:
-       Apa saja jenis-jenis manusia purba di dunia?
-       Apa yang dimaksud dengan homo sapiens?

Mengumpulkan Informasi
·     Siswa menganalisis jenis-jenis manusia purba di dunia

Menalar/Mengasosiasi
·      Siswa mendiskusikan jenis-jenis manusia purba di dunia

Mengomunikasikan
·      Siswa menyampaikan hasil diskusi atau ringkasan pembelajaran tentang jenis-jenis manusia purba di dunia dengan lisan atau tertulis menggunakan tata bahasa yang benar
60 menit
Penutup
·      Siswa mengingat kembali materi yang telah disampaikan sekaligus menyimpulkan dan mencatat hal-hal yang dianggap penting tentang jenis-jenis manusia purba di dunia
·      Mengingatkan siswa untuk selalu bersyukur atas apa yang telah diberikan Tuhan di alam semesta ini
·      Mengingatkan siswa untuk memiliki rasa ingin tahu tentang jenis-jenis manusia purba di dunia
·      Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
·      Mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing
·      Melakukan penilaian proses dan hasil
15 menit

SUMBER, MEDIA, DAN ALAT
Sumber                        : - Buku Sejarah 1 Peminatan Ilmu-ilmu Sosial Kelas X
(Penulis M. Habib Mustopo, Penerbit Yudhistira)
- Informasi melalui internet
Media dan Alat                        : Komputer/Laptop, Proyektor, Power Point Presentation

PENILAIAN
1.       Teknik dan bentuk penilaian:
a.       Tes lisan
Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan secara lisan
b.      Produk
Siswa membuat dan mempresentasikan hasil kajiannya
c.       Tugas
Menyampaikan kesimpulan dari tugas pengumpulan informasi tentang  konsep sinkronisasi dan diakronis dalam mempelajari jenis-jenis manusia purba di Indonesia
d.      Pengamatan sikap
Mengamati sikap siswa selama proses pembelajaran berlangsung

2.      Instrumenpenilaian
o   Latihan Soal
1.      Sebutkanlah jenis-jenis manusia purba yang ada di dunia.
2.      Apa saja jenis manusia purba yang fosilnya ditemukan di Eropa? Jelaskan.

o   Tugas Individu
1.      Buatlah tabel jenis-jenis manusia purba yang pernah ada di luar Indonesia serta keterangan tentang daerah/tempat ditemukan, nama penemu, serta ciri-ciri fisiknya.

Makassar, 1 Januari 2015
Mengetahui,     

Kepala Sekolah                                                                 Guru Mata Pelajaran

Drs.Mustari,M.Si                                                              Muhamad Darwis  S. Pd
NIP. 19571231 198302 1 035                                            NIP.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar