RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
A. IDENTITAS
MATA PELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA ............................
Kelas/Semester : X/2
Mata Pelajaran : Sejarah
Materi Pokok : Manusia Purba Indonesia
dan Dunia
B. KOMPETENSI
INTI
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya.
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri
dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
C. KOMPETENSI
DASAR
1.1
Menghayati
proses kelahiran manusia Indonesia dengan rasa bersyukur.
|
1.2
Menghayati
keteladanan para pemimpin dalam mengamalkan ajaran agamanya.
|
2.1. Menunjukkan
sikap tanggung jawab, peduli terhadap berbagai hasil budaya pada zaman pra aksara,
Hindu-Buddha dan Islam.
|
2.2. Meneladani
sikap dan tindakan cinta damai, responsif dan pro aktif yang ditunjukkan oleh
tokoh sejarah dalam mengatasi masalah sosial dan lingkungannya.
|
2.3.
Berlaku jujur dan bertanggungjawab dalam mengerjakan
tugas-tugas dari pembelajaran sejarah.
|
3.9.
Menganalisis keterkaitan antara manusia purba Indonesia
dan dunia dengan manusia modern dalam fisik dan budaya.
|
4.9.
Menyajikan hasil analisis mengenai keterkaitan antara
manusia purba Indonesia dan dunia dengan manusia modern secara fisik dan
budaya, dalam berbagai bentuk presentasi.
|
D. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
Indikator pencapaian kompetensi
pada pokok bahasan ini antara lain:
1.1.1 Memahami proses kelahiran manusia Indonesia
dengan rasa bersyukur.
|
1.2.1
Mencontoh keteladanan
para pemimpin dalam mengamalkan ajaran agamanya.
|
2.1.1 Mengidentifikasi
dan memiliki sikap tanggung jawab, peduli terhadap berbagai hasil budaya pada
zaman pra aksara, Hindu-Buddha dan Islam.
|
2.2.1 Mencotoh
sikap dan tindakan cinta damai, responsif dan pro aktif yang ditunjukkan oleh
tokoh sejarah dalam mengatasi masalah sosial dan lingkungannya.
|
2.3.1 Memiliki
sikap jujur dan bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari
pembelajaran sejarah.
|
3.9.1 Mengevaluasi
dan menemukan keterkaitan antara manusia purba Indonesia dan dunia dengan
manusia modern dalam fisik dan budaya.
|
4.9.1 Menampilkan
dan mengemukakan hasil analisis mengenai keterkaitan antara manusia purba
Indonesia dan dunia dengan manusia modern secara fisik dan budaya, dalam
berbagai bentuk presentasi.
|
E. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari pokok bahasan
ini maka diharapkan siswa mampu:
·
Menganalisis
dan menyajikannyadalam bentuk presentasi tentang keterkaitan antara manusia
purba di Indonesia dan dunia dengan manusia modern dalam fisik dan budayanya.
F. MATERI AJAR
Inti materi ajar pada pokok
bahasan ini adalah sebagai berikut:
·
Perkembangan
manusia purba di Indonesia
·
Jenis-jenis
manusia purba di dunia
·
Teori
Evolusi Darwin dan asal usul manusia modern
·
Kaitan
antara manusia purba Indonesia dan dunia dengan manusia modern
·
Penyebaran
manusia modern
G. PENDEKATAN
DAN METODE
Pendekatan : Saintifik
Metode : Pengamatan, diskusi, dan penyusunan
laporan individual dan kelompok
H. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan Ke- :
Duapuluh
Alokasi Waktu :
4 x 1 JP
Materi :
Perkembangan manusia purba di Indonesia
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
·
Menyiapkan
kelas dalam suasana yang kondusif untuk pembelajaran yang baik
·
Mengajak
semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing
·
Melakukan
absensi
·
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
·
Menjelaskan
kompetensi yang diharapkan setelah pembelajaran selesai
·
Sebagai
apersepsi, guru meminta siswa mengamati gambarrekonstruksi salah satu jenis
manusia purba yang ada dalam buku siswa kemudian meminta siswa membaca peta
konsep yang berkaitan dengan bab ini yang ada dalam buku siswa
·
Menuliskan
skema atau cakupan materi pembelajaran meliputi perkembangan manusia purba di
Indonesia, jenis-jenis manusia purba di dunia, Teori Evolusi Darwin dan asal
usul manusia modern, kaitan antara manusia purba Indonesia dan dunia dengan
manusia modern, dan penyebaran manusia modern
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
Mengamati
· Siswa mendengarkan
penjelasan guru mengenai perkembangan
manusia purba di Indonesia yang disampaikan melalui power point
· Siswa mengamati fosil atau patung manusia
purba di Indonesia serta peta penemuan fosil yang ada dalam buku siswa
Menanya
· Siswa mengajukan
pertanyaan terkait dengan perkembangan
manusia purba di Indonesia, misalnya:
-
Bagaimana kondisi alam Indonesia pada saat masih ada manusia purba?
-
Apa saja jenis manusia purba yang ada di Indonesia?
Mengumpulkan Informasi
· Siswa menganalisis perkembangan manusia purba di Indonesia
Menalar/Mengasosiasi
·
Siswa menghubungkan kondisi alam Indonesia dengan jenis manusia purba di
Indonesia
Mengomunikasikan
·
Siswa menyampaikan hasil diskusi atau ringkasan pembelajaran tentang perkembangan manusia purba di Indonesiadengan lisan atau tertulis menggunakan tata bahasa
yang benar
|
150 menit
|
Penutup
·
Siswa mengingat kembali materi yang
telah disampaikan sekaligus menyimpulkan dan mencatat hal-hal yang dianggap
penting tentang perkembangan manusia purba di Indonesia
·
Mengingatkan
siswa untuk selalu bersyukur atas apa yang telah diberikan Tuhan di alam
semesta ini
·
Mengingatkan
siswa untuk memiliki rasa ingin tahu tentang perkembangan manusia purba di
Indonesia
·
Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi)
·
Mengajak semua
siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing
·
Melakukan
penilaian proses dan hasil
|
15 menit
|
SUMBER, MEDIA, DAN ALAT
Sumber : - Buku Sejarah 1 Peminatan Ilmu-ilmu
Sosial Kelas X
(Penulis M. Habib Mustopo, Penerbit
Yudhistira)
- Informasi melalui internet
Media dan Alat :Komputer/Laptop, Proyektor, Power Point
Presentation
PENILAIAN
1.
Teknik dan
bentuk penilaian:
a.
Tes lisan
Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan
secara lisan
b.
Produk
Siswa membuat dan mempresentasikan hasil
kajiannya
c.
Tugas
Mempresentasikan kesimpulan dari tugas
pengumpulan informasi tentang konsep
sinkronisasi dan diakronis dalam mempelajari perkembangan manusia purba di
Indonesia
d.
Pengamatan
sikap
Mengamati sikap siswa selama proses
pembelajaran berlangsung
2. Instrumenpenilaian
o Latihan Soal
1.
Mengapa
Indonesia dipandang menduduki posisi penting dalam hal penemuan manusia purba?
2.
Fosil
manusia purba jenis apakah yang pertama kali ditemukan di Indonesia?
o Tugas Individu
1.
Buatlah
tabel jenis-jenis manusia purba yang pernah ada di Indonesia serta keterangan
tentang daerah/tempat ditemukan, nama penemu, serta ciri-ciri fisiknya.
Pertemuan Ke- :
Duapuluh Satu
Alokasi Waktu :
2 x 1 JP
Materi :
Jenis-jenis manusia purba di dunia
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
·
Menyiapkan
kelas dalam suasana yang kondusif untuk pembelajaran yang baik
·
Mengajak
semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing
·
Melakukan
absensi
·
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
·
Menjelaskan
kompetensi yang diharapkan setelah pembelajaran selesai
·
Sebagai
apersepsi, guru menjelaskan bahwa selain di Indonesia ada berbagai jenis
manusia purba yang telah berhasil ditemukan oleh para ahli di dunia
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
Mengamati
· Siswa mendengarkan
penjelasan guru mengenai jenis-jenis
manusia purba di dunia yang disampaikan melalui power point
· Siswa mengamati gambar rekonstruksi manusia
purba di berbagai belahan dunia yang ada di dalam buku siswa
Menanya
· Siswa mengajukan
pertanyaan terkait dengan jenis-jenis
manusia purba di dunia, misalnya:
-
Apa saja jenis-jenis manusia purba di dunia?
-
Apa yang dimaksud dengan homo sapiens?
Mengumpulkan Informasi
· Siswa menganalisis jenis-jenis manusia purba di dunia
Menalar/Mengasosiasi
·
Siswa mendiskusikan jenis-jenis
manusia purba di dunia
Mengomunikasikan
·
Siswa menyampaikan hasil diskusi atau ringkasan pembelajaran tentang jenis-jenis manusia purba di dunia dengan lisan atau tertulis menggunakan tata bahasa
yang benar
|
60 menit
|
Penutup
·
Siswa mengingat kembali materi yang
telah disampaikan sekaligus menyimpulkan dan mencatat hal-hal yang dianggap
penting tentang jenis-jenis manusia purba di dunia
·
Mengingatkan
siswa untuk selalu bersyukur atas apa yang telah diberikan Tuhan di alam
semesta ini
·
Mengingatkan
siswa untuk memiliki rasa ingin tahu tentang jenis-jenis manusia purba di
dunia
·
Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi)
·
Mengajak semua
siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing
·
Melakukan
penilaian proses dan hasil
|
15 menit
|
SUMBER, MEDIA, DAN ALAT
Sumber : - Buku Sejarah 1 Peminatan
Ilmu-ilmu Sosial Kelas X
(Penulis M. Habib Mustopo, Penerbit
Yudhistira)
- Informasi melalui internet
Media dan Alat : Komputer/Laptop,
Proyektor, Power Point Presentation
PENILAIAN
1.
Teknik dan
bentuk penilaian:
a.
Tes lisan
Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan
secara lisan
b.
Produk
Siswa membuat dan mempresentasikan hasil
kajiannya
c.
Tugas
Menyampaikan kesimpulan dari tugas
pengumpulan informasi tentang konsep
sinkronisasi dan diakronis dalam mempelajari jenis-jenis manusia purba di
Indonesia
d.
Pengamatan
sikap
Mengamati sikap siswa selama proses
pembelajaran berlangsung
2. Instrumenpenilaian
o Latihan Soal
1.
Sebutkanlah
jenis-jenis manusia purba yang ada di dunia.
2.
Apa saja
jenis manusia purba yang fosilnya ditemukan di Eropa? Jelaskan.
o Tugas Individu
1.
Buatlah
tabel jenis-jenis manusia purba yang pernah ada di luar Indonesia serta
keterangan tentang daerah/tempat ditemukan, nama penemu, serta ciri-ciri
fisiknya.
Pertemuan Ke- :
Duapuluh Dua
Alokasi Waktu :
2 x 1 JP
Materi :
Teori Evolusi Darwin dan asal usul manusia modern
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
·
Menyiapkan
kelas dalam suasana yang kondusif untuk pembelajaran yang baik
·
Mengajak
semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing
·
Melakukan
absensi
·
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
·
Menjelaskan
kompetensi yang diharapkan setelah pembelajaran selesai
·
Sebagai
apersepsi, guru menjelaskan bahwa dari berbagai temuan fosil manusia purba
berhasil dicetuskan teori evolusi oleh Darwin yang masih banyak diperdebatkan
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
Mengamati
· Siswa mendengarkan
penjelasan guru mengenai Teori
Evolusi Darwin dan asal usul manusia modern yang disampaikan melalui power
point
· Siswa mengamati gambar ilustrasi manusia
purba yang diduga mendekati bentuk fisik manusia masa kini yang ada di dalam
buku siswa
Menanya
· Siswa mengajukan
pertanyaan terkait dengan Teori
Evolusi Darwin dan asal usul manusia modern,
misalnya:
-
Bagaimana bunyi Teori
Evolusi Darwin?
-
Bagaimanakah asal usul
manusia modern?
Mengumpulkan Informasi
· Siswa menganalisis Teori Evolusi Darwin dan asal usul manusia
modern
Menalar/Mengasosiasi
·
Siswa
mengevaluasi Teori Evolusi Darwin
·
Siswa mendiskusikan asal usul
manusia modern
Mengomunikasikan
·
Siswa menyampaikan hasil diskusi atau ringkasan pembelajaran tentang Teori Evolusi Darwin dan asal usul manusia
moderndengan lisan atau tertulis menggunakan
tata bahasa yang benar
|
60 menit
|
Penutup
·
Siswa mengingat kembali materi yang
telah disampaikan sekaligus menyimpulkan dan mencatat hal-hal yang dianggap
penting tentang Teori Evolusi Darwin dan asal usul manusia modern
·
Mengingatkan
siswa untuk selalu bersyukur pada Tuhan karena telah menciptakan manusia
dengan sebaik-baiknya bentuk
·
Mengingatkan
siswa untuk memiliki rasa ingin tahu tentang Teori Evolusi Darwin dan asal
usul manusia modern
·
Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi)
·
Mengajak semua
siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing
·
Melakukan
penilaian proses dan hasil
|
15 menit
|
SUMBER, MEDIA, DAN ALAT
Sumber : - Buku Sejarah 1 Peminatan
Ilmu-ilmu Sosial Kelas X
(Penulis M. Habib Mustopo, Penerbit
Yudhistira)
- Informasi melalui internet
Media dan Alat : Komputer/Laptop,
Proyektor, Power Point Presentation
Pertemuan Ke- :
Duapuluh Tiga
Alokasi Waktu :
2 x 1 JP
Materi :
Kaitan antara manusia purba Indonesia dan dunia
dengan
manusia modern
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
·
Menyiapkan
kelas dalam suasana yang kondusif untuk pembelajaran yang baik
·
Mengajak
semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing
·
Melakukan
absensi
·
Menyampaikantujuanpembelajaran
·
Menjelaskan
kompetensi yang diharapkan setelah pembelajaran selesai
·
Sebagai
apersepsi, guru menjelaskan bahwa berbagai jenis temuan fosil manusia purba
dikaji untuk mencari tahu keterkaitan manusia purba dengan manusia modern
(manusia yang hidup pada masa kini)
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
Mengamati
· Siswa mendengarkan
penjelasan guru mengenaikaitan
antara manusia purba Indonesia dan dunia dengan manusia modernyang
disampaikan melalui power point
· Siswa membaca materi dalam
buku siswa mengenai keterkaitan dalam fisik manusia purba dengan manusia
modern
· Siswa mengamati perbandingan tengkorak
manusia dengan kera serta peta penyebaran manusia dari Afrika yang ada dalam
buku siswa
Menanya
· Siswa mengajukan
pertanyaan terkait dengan kaitan
antara manusia purba Indonesia dan dunia dengan manusia modern, misalnya:
-
Apa hubungan antara manusia purba dengan manusia modern?
-
Bagaimana keterkaitan budaya antara manusia purba dengan manusia modern?
Mengumpulkan Informasi
· Siswa menganalisis kaitan antara manusia purba Indonesia dan
dunia dengan manusia modern
Menalar/Mengasosiasi
·
Siswa menghubungkan komponen keterkaitan dalam fisik, ciri-ciri manusia
modern, peerbedaan dan persamaan manusia dengan homo sapiens, serta
keterkaitan budaya antara manusia purba dengan manusia masa kini untuk
mengetahui kaitan antara manusia purba
Indonesia dan dunia dengan manusia modern
Mengomunikasikan
·
Siswa menyampaikan hasil diskusi atau ringkasan pembelajaran tentang kaitan antara manusia purba Indonesia dan
dunia dengan manusia moderndengan lisan atau
tertulis menggunakan tata bahasa yang benar
|
150 menit
|
Penutup
·
Siswa mengingat kembali materi yang
telah disampaikan sekaligus menyimpulkan dan mencatat hal-hal yang dianggap
penting tentang cara kaitan antara manusia purba Indonesia dan dunia dengan
manusia modern
·
Mengingatkan
siswa untuk selalu bersyukur atas apa yang telah diberikan Tuhan di alam
semesta ini
·
Mengingatkan
siswa untuk memiliki rasa ingin tahu tentang kaitan antara manusia purba
Indonesia dan dunia dengan manusia modern
·
Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi)
·
Mengajak semua
siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing
·
Melakukan
penilaian proses dan hasil
|
15 menit
|
SUMBER, MEDIA, DAN ALAT
Sumber : - Buku Sejarah 1 Peminatan
Ilmu-ilmu Sosial Kelas X
(Penulis M. Habib Mustopo, Penerbit
Yudhistira)
- Informasi melalui internet
Media dan Alat : Komputer/
Laptop, Proyector, Power Point Presentation
Pertemuan Ke- :
Duapuluh Empat
Alokasi Waktu :
2 x 1 JP
Materi :
Penyebaran manusia modern
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
·
Menyiapkan
kelas dalam suasana yang kondusif untuk pembelajaran yang baik
·
Mengajak
semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing
·
Melakukan
absensi
·
Menyampaikantujuanpembelajaran
·
Menjelaskan
kompetensi yang diharapkan setelah pembelajaran selesai
·
Sebagai
apersepsi, guru menjelaskan bahwa penyebaran manusia modern meliputi
penyebaran manusia modern ke Asia, penyebaran manusia modern ke Eropa,
penyebaran manusia modern ke Indonesia, dan penyebaran ras Australoid
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
Mengamati
· Siswa mendengarkan
penjelasan guru mengenai penyebaran
manusia modern yang disampaikan melalui power point
· Siswa mengamati gambar suku Aborigin yang
diduga keturunan homo wajakensis
Menanya
· Siswa mengajukan
pertanyaan terkait dengan penyebaran
manusia modern, misalnya:
-
Bagaimana proses penyebaran
manusia modern ke Asia?
-
Bagaimana urutan penyebaran ras Australoid?
Mengumpulkan Informasi
· Siswa menganalisis penyebaran manusia modern
Menalar/Mengasosiasi
·
Siswa mendiskusikan penyebaran
manusia modern ke berbagai wilayah di dunia
Mengomunikasikan
·
Siswa menyampaikan hasil diskusi atau ringkasan pembelajaran tentang penyebaran manusia moderndengan lisan atau tertulis menggunakan tata bahasa
yang benar
|
60 menit
|
Penutup
·
Siswa mengingat kembali materi yang
telah disampaikan sekaligus menyimpulkan dan mencatat hal-hal yang dianggap
penting tentang penyebaran manusia modern
·
Mengingatkan
siswa untuk selalu bersyukur atas apa yang telah diberikan Tuhan di alam
semesta ini
·
Mengingatkan
siswa untuk dapat menarik pembelajaran terkait dengan proses penyebaran
manusia modern
·
Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi)
·
Mengajak semua
siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing
·
Melakukan
penilaian proses dan hasil
|
15 menit
|
SUMBER, MEDIA, DAN ALAT
Sumber : - Buku Sejarah 1 Peminatan
Ilmu-ilmu Sosial Kelas X
(Penulis M. Habib Mustopo, Penerbit
Yudhistira)
- Informasi melalui internet
Media dan Alat : Komputer/
Laptop, Proyector, Power Point Presentation
PENILAIAN
1.
Teknik dan
bentuk penilaian:
a.
Tes lisan
Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan
secara lisan
b.
Produk
Siswa membuat dan mempresentasikan hasil
kajiannya
c.
Tugas
Mengemukakan kesimpulan
dari tugas pengumpulan informasi tentang
konsep sinkronisasi dan diakronis dalam mempelajari penyebaran manusia
modern
d.
Pengamatan
sikap
Mengamati sikap siswa selama proses
pembelajaran berlangsung
2. Instrumenpenilaian
o Latihan Soal
1.
Bagaimanakah
jalur penyebaran manusia modern keluar dari Afrika ke Eropa dan Asia?
2.
Sebutkan
alasan-alasan yang menunjukkan bahwa pendukung Kebudayaan Pacitan adalah Phitecanthropus erectus?
o Pilihan ganda
1.
Manusia
purba yang menjadi pendukung lapisan Pleistosen tengah adalah ....
a.
Meganthropuspaleojavanicus
b.
Phitecanthropus mojokertensis
c.
Phitecanthropus erectus
d.
Phitecanthropus robustus
e.
Homo wajakensis
2.
Manusia
purba pertama kali muncul pada zaman ....
a.
Glasial yang
merupakan bagian Holosen
b.
Tersier yang
merupakan bagian Neozoikum
c.
Holosen,
bagian Neozoikum
d.
Pleistosen,
Tersier, Neozoikum
e.
Pleistosen,
Kwarter, Neozoikum
3.
Manusia
purba hidup secara berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain. Hal ini
disebabkan ....
a.
manusia
purba mencari daerah yang subur
b.
sering terjadi
bencana alam
c.
mereka hidup
secara berkelompok
d.
manusia
purba mencari daerah yang aman
e.
manusia
purba sangat bergantung pada alam
o Uraian
1.
Apa yang
kamu ketahui tentang evolusi biologi dari Charles Darwin?
2.
Apakah
alasan yang mengatakan bahwa asal mula manusia modern dari Afrika?
3.
Sebutkan dan
jelaskan manusia purba yang berasal dari Eropa.
I.
RUBRIK PENILAIAN
1.
Kolom penilaian
a.
Tes Lisan
b.
Penugasan
No.
|
Aspek
Nama
|
Jelas,
lengkap dan benar
|
Jelas,
kurang lengkap dan benar
|
Kurang
jelas dan lengkap tapi benar
|
Kurang
jelas dan lengkap serta salah
|
Total Skor
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
Catatan:
4
= Jelas, lengkap dan benar.
3
= Jelas, kurang lengkap dan benar.
2
= Kurang jelas dan lengkap tapi benar.
1
= Kurang jelas dan lengkap serta salah.
Skor maksimal: 4 x 25 = 100
Deskripsi nilai: A = 100, B = 75, C = 50, D = 25
c.
Produk
Uraian dan presentasi kelompok tentang
keterkaitan manusia purba di Indonesia dan dunia dengan manusia modern secara
fisik dan budaya. (dapat dilihat pada Kolom Aspek Psikomotorik di Bab IV buku
Yudhistira berjudul Sejarah 1 Peminatan Ilmu-ilmu Sosial Kelas X)
No.
|
Aspek
Nama
|
Kreativitas
|
Kerapihan
|
Media
|
Keindahan
|
Bahan
|
Teknik
|
Total Skor
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Catatan
: Skor 1-5 (1. Sangat Kurang, 2. Kurang, 3. Cukup, 4. Baik, 5. Sangat Baik)
Skor
Maksimal: (30 x 10): 3= 100
d.
Tugas
No.
|
Aspek
Nama
|
Jelas,
lengkap dan benar
|
Jelas,
kurang lengkap dan benar
|
Kurang
jelas dan lengkap tapi benar
|
Kurang
jelas dan lengkap serta salah
|
Total Skor
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
Catatan:
4 = Jelas, lengkap dan benar.
3 = Jelas, kurang lengkap dan benar.
2 = Kurang jelas dan lengkap tapi benar.
1 = Kurang jelas dan lengkap serta salah.
Skor maksimal: 4 x 25 = 100
e.
Pengamatan
Sikap
No.
|
Nama
|
Attitude
|
Skor
|
|||
Discipline
|
Responsibility
|
Initiative
|
Attention
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Catatan
: Skor 1-5 (1. Sangat Kurang, 2. Kurang, 3. Cukup, 4. Baik, 5. Sangat Baik)
Skor Maksimal: 20 x 5= 100
f.
Pengamatan
Materi
Aspek yang
dinilai
|
No
|
Nama
|
Skor
|
|
Kemampuan
mengamati gambar yang ada di buku, yaitu berbagai fosil manusia purba dan
peta persebaran fosil manusia purba (dapat dilihat pada gambar di Bab IV buku
Yudhistira berjudul Sejarah 1 Peminatan Ilmu-ilmu Sosial Kelas X)
|
1.
|
|
|
|
2.
|
|
|
||
3.
|
|
|
||
4.
|
|
|
||
5.
|
|
|
||
6.
|
|
|
||
7.
|
|
|
Catatan
: Skor 1-5 (1. Sangat Kurang, 2. Kurang, 3. Cukup, 4. Baik, 5. Sangat Baik)
Skor Maksimal: 20 x 5= 100
2.
Lampiran
instrumen
(Instrumen Penilaian Portofolio, Instrumen
Penilaian Sikap, Instrumen Penilaian Diskusi, Instrumen Penilaian
Produk , Instrumen Penilaian Proyek, Lembar Penilaian Antar Teman)
Lampiran 1
INSTRUMEN PENILAIAN
PORTOFOLIO
Sekolah :
............................
Matapelajaran :Sejarah
Durasi Waktu : ............................
Nama Peserta
didik :
............................
Kelas/SMT :X/2
No
|
Pencapaian Indikator
|
Waktu
|
MACAM PORTOFOLIO
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|||
Kualitas
Rangkuman
|
Makalah
|
Laporan Pengamatan
|
Laporan Hasil
Diskusi
|
|||||
1
|
Mengevaluasi
dan menemukan keterkaitan antara manusia purba Indonesia dan dunia dengan
manusia modern dalam fisik dan budaya.
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Menampilkan
dan mengemukakan hasil analisis mengenai keterkaitan antara manusia purba
Indonesia dan dunia dengan manusia modern secara fisik dan budaya, dalam
berbagai bentuk presentasi.
|
|
|
|
|
|
|
|
Catatan:
Untuk setiap karya peserta didik dikumpulkan
dalam satu file sebagai bukti pekerjaan yang masuk dalam portofolio.
Skor menggunakan rentang antara 0 -10 atau 10
– 100.
Kolom keterangan diisi oleh guru untuk
menggambarkan karakteristik yang menonjol dari hasil kerja tersebut.
Catatan:
Penilaian Portofolio dilakukan dengan sistem
pembobotan sesuai tingkat kesulitan dalam pembuatannya.
Lampiran 2
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP
Materi : Manusia
Purba Indonesia dan Dunia
Kelas/Semester : X/2
Hari/Tanggal :
No.
|
Nama
|
Disiplin
|
Kerjasama
|
Kejujuran
|
Kepedulian
|
Tanggungjawab
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
*) Ketentuan:
·
1 = jika peserta didik sangat kurang konsisten memperlihatkan perilaku
yang tertera dalam indikator
·
2 = jika peserta didik kurang konsisten memperlihatkan perilaku yang
tertera dalam indikator, tetapi belum
konsisten
·
3 = jika peserta didik mulai konsisten memperlihatkan perilaku yang
tertera dalam indikator
·
4 = jika peserta didik konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera
dalam indikator
·
5 = jika peserta didik selalu konsisten memperlihatkan perilaku yang
tertera dalam indikator
FORMAT PENILAIAN
Nilai :
Jumlah Skor X 100
30
Lampiran 3
INSTRUMEN
PENILAIAN DISKUSI
Hasil Penilaian Diskusi
Topik :
............................
Tanggal :
............................
Jumlah Siswa :
............................ orang
No
|
Nama siswa
|
Menyampaikan pendapat
|
Menanggapi
|
Mempertahankan argumentasi
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||||||||
|
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik :
Menyampaikan pendapat
1.
Tidak sesuai
masalah
2.
Sesuai dengan masalah, tapi belum benar
3.
Sesuai
dengan masalah dan benar
Menanggapi pendapat
1.
Langsung
setuju atau menyanggah tanpa alasan
2.
Setuju atau menyanggah dengan alasan yang benar tidak sempurna
3.
Setuju atau menyanggah dengan alasan yang benar
4.
Setuju atau menyanggah dengan alasan yang benar dengan didukung referensi
Mempertahankan pendapat
1.
Tidak dapat
mempertahankan pendapat
2.
Mampu
Mempertahankan pendapat, alasan kurang benar
3.
Mampu
mempertahankan pendapat, alasan benar tidak didukung referensi
4.
Mampu
mempertahankan pendapat, alasan benar didukung referensi
Lampiran 4
INSTRUMEN
PENILAIAN PRODUK
Kompentesi Inti :KI
1, 2, 3, 4
Kompetensi
Dasar :KD 1.1, 1.2, 2.1, 2.2, 2.3, 3.9, 4.9
Indikator :1.1.1, 1.2.1, 2.1.1, 2.2.1, 2.3.1, 3.9.1, 4.9.1
Aspek Penilaian :
Psikomotor
Tanggal Penilaian :
............................
|
|
Kriteria/Aspek
|
Skor
|
Nilai
|
|||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
||||||||||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
Kriteria:
1.
Tahap
Perencanaan Bahan (1)
2.
Tahap Proses
Pembuatan
Persiapan alat dan bahan (2)
Tehnik Pengolahan (3)
K3 (keselamatan, kemamanan dan kebersihan)
(4)
3.
Tahap Akhir bentuk produk)
Bentuk Fisik (5)
Inovasi (6)
Penskoran : Tiap Indikator
rentang 1 – 5, dengan ketentuan semakin lengkap jawaban dan ketepatan dalam
proses pembuatan maka semakin tinggi nilainya.
Lampiran 5
INSTRUMEN
PENILAIAN PROYEK
Matapelajaran :Sejarah
Nama Proyek :
............................
Alokasi
Waktu :
............................
Guru
Pembimbing :
............................
Nama : ............................
NIS : ............................
Kelas : ............................
No
|
ASPEK
|
SKOR
(1 - 5)
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
PERENCANAAN :
a.
Persiapan
b.
Rumusan
Judul
|
|
|
|
|
|
2
|
PELAKSANAAN :
a.
Sistematika
Penulisan
b.
Keakuratan
Sumber Data / Informasi
c.
Kuantitas
Sumber Data
d.
Analisis
Data
e.
Penarikan
Kesimpulan
|
|
|
|
|
|
3
|
LAPORAN PROYEK :
a.
Performance
b.
Presentasi
/ Penguasaan
|
|
|
|
|
|
TOTAL
SKOR
|
|
|
|
|
|
Lampiran 6
LEMBAR PENILAIAN ANTAR TEMAN
NO
|
NAMA
|
ASPEK
|
JUMLAH SKOR
|
NILAI
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Aspek:
- Keaktifan
- Kesediaan
menerima pendapat
- Tanggungjawab
dalam tugas
- Inisiatif
dalam mengambil keputusan
- Kepedulian
terhadap kesulitan yang dialami sesama teman
- Kepedulian dalam
memberi kesempatan yang dialami sesama teman
- Kemampuan
mendorong aktivitas kerja kelompok
Ketentuan:
·
1 = jika peserta didik sangat kurang konsisten memperlihatkan perilaku
yang tertera dalam indikator
·
2 = jika peserta didik kurang konsisten memperlihatkan perilaku yang
tertera dalam indikator, tetapi belum
konsisten
·
3 = jika peserta didik mulai konsisten memperlihatkan perilaku yang
tertera dalam indikator
·
4 = jika peserta didik konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera
dalam indikator
·
5 = jika peserta didik selalu konsisten memperlihatkan perilaku yang
tertera dalam indikator
Nilai
= Jumlah Skor x 100
35
Mengetahui, ..................,....................
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
________________________ _________________________
NIP..................................... NIP.......................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar